Plt. Kepala BKN Bima Haria Wibisana dan rombongan datang ke Kabupaten Kepualauan Mentawai dalam rangka kegiatan monitoring implementasi indeks NSPK manajemen ASN serta pendekatan pelayanan kepegawaian di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Bertempat di Aula BAPPEDA Kepulauan Mentawai, tarian adat dan perwakilan ASN pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai menyambut Bima dan rombongan pada Selasa 28 Februari 2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Pj. Bupati Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan dan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Nurdin. Sementara Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana didampingi oleh Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN Otok kuswandaru, serta Kepala Kanreg XII BKN Anna Hasnah Hasaruddin beserta rombongan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BKPSDM Kabupaten Kepulauan Mentawai Sermon Sakerebau.

Dalam pembukaannya Nurdin menyampaikan bahwa Kunjungan ini merupakan motivasi bagi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai dan segenap komponen nya dalam menjalankan program-program pemerintahan. Ia juga berharap dengan kedatangan rombongan ini para ASN yang ada di lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai yang hampir semuanya merupakan penduduk asli, mendapat bekal mengenai hak dan tanggung jawabnya sebagai ASN dengan segala aturannya.

Pelayanan publik mendadak bertransisi dari kondisi-kondisi manual dan tradisional menjadi bentuk dan langkah-langkah digital dan cepat. Hal ini merupakan tantangan yang harus dikejar oleh setiap ASN dimanapun, termasuk di Kepulauan Mentawai, dan sudah menjadi tugas BKN untuk terus mendampingi, mengevaluasi dan memastikan norma-norma, standar, prosedur yang berdampak pada akuntabilitas dan transparansi pemerintah agar dapat berjalan dengan baik sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku. Ungkap Bima dalam sambutannya.

Bima pun berterima kasih atas sambutan hangat yang diberikan, serta berharap, potensi-potensi besar para ASN dalam menyelenggarakan pelayanan publik dapat hadir di Kabupaten Mentawai.

Bumi Sikerei Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi titik monitoring implementasi indeks NSPK manajemen ASN serta pendekatan pelayanan kepegawaian karena merupakan salah satu dari 8 (delapan) Instansi piloting program tersebut. Kegiatan yang bertujuan untuk menerapkan tata kelola dan meningkatkan target penerapan manajemen ASN ini merupakan bagian dari rangkaian program Pengawasan dan Pengendalian Manajemen ASN sesuai NSPK di wilayah kerja Kantor Regional XII BKN Pekanbaru.

Kegiatan ini dilangsungkan selama dua hari, dengan dihadiri oleh Kepala OPD dan Sekretaris Pengelola Kepegawaian sebagai audience pada hari pertama. Selanjutnya pada hari kedua Rabu, 1 Maret 2023 kegiatan dihadiri oleh Sekretaris dan Pengelola Kepegawaian dari masing-masing OPD. Sementara itu Tim monitoring implementasi indeks NSPK manajemen ASN serta pendekatan pelayanan kepegawaian Kanreg XII BKN Pekanbaru dan BKN Pusat, menyampaikan materi yang meliputi pengangkatan dan pemberhentian, Kinerja Pegawai, dan Pengenalan aplikasi Tanjak 12 (Tanya Jawab Layanan Kepegawaian Kanreg XII BKN) yang merupakan aplikasi yang memungkan pegawai untuk bertanya seputar kepegawai dan menerima jawaban yang valid dan terpercaya dari Kanreg XII BKN secara online. Sesi diskusi dan tanya jawab menjadi momen para audience yang hadir untuk memperdalam materi dan mendapat kejelasan dari setiap pertanyaan.

Perlu diketahui bahwa Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan daerah 3T (terdepan, terpencil dan tertinggal) bersama Kabupaten Kepulauan Meranti yang masuk dalam 8 instansi piloting program implementasi indeks NSPK manajemen ASN serta pendekatan pelayanan kepegawaian Kanreg XII BKN Pekanbaru.w