Pekanbaru – Humas Kanreg XII BKN, Banyak orang ingin melanjutkan sekolah ke sekolah kedinasan di Indonesia. Mungkin Anda salah satunya. Jika iya, Anda perlu mengetahui kiat sukses mengikuti pendaftaran sekolah kedinasan. Pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2023 resmi dibuka tanggal 1 April 2023 dan saat ini sudah resmi ditutup. Jika belum sempat mendaftar, Anda bisa mencoba daftar mengikuti seleksi sekolah kedinasan tahun depan.

Pendaftaran sekolah kedinasan dilakukan secara online. Untuk melakukan pendaftaran, calon peserta sekolah kedinasan dapat mengakses portal Sistem Seleksi Sekolah Dinas (DIKDIN) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

Formasi Sekolah Kedinasan 2023

Jika Anda tengah bersiap untuk mendaftar sekolah kedinasan tahun depan, tidak ada salahnya untuk mengetahui formasi Sekolah Kedinasan 2023. Biasanya, formasi yang dibuka tidak akan jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

Kesempatan masuk sekolah kedinasan 2023 cukup besar dengan dibukanya lowongan di beberapa sekolah kedinasan. Ada cukup banyak kementerian dan lembaga yang memiliki sekolah kedinasan dan membuka formasi. Sebut saja, Kementerian Keuangan Republik Indonesia membuka 1.100 formasi, sedangkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membuka 80 formasi.

Ada juga Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia membuka 525 formasi, Badan Siber Sandi Negara (BSSN) membuka 125 Formasi, Badan Pusat Statistik (BPS) membuka 500 formasi, dan Badan Intelijen Negara (BIN) membuka 400 formasi. Kementerian Perhubungan Republik Indonesia membuka 1.408 formasi dan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia membuka 534 formasi. 

Jumlah Pelamar Sekolah Kedinasan 2023

Jumlah pendaftar sekolah kedinasan 2023i mencapai 188 ribu orang. Jumlah ini jauh menurun dari tahun 2022 yang lalu yang mencapai mencapai 470 ribu orang. Kementerian Keuangan Republik Indonesia masih menjadi instansi favorit pendaftar seperti tahun sebelumnya dengan jumlah pendaftar 49.106. 

Di peringkat selanjutnya ada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dengan jumlah pendaftar 40.214. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjadi instansi dengan jumlah pelamar paling sedikit dengan jumlah pendaftar 1.283.

Tips Mengikuti Pendaftaran Sekolah Kedinasan di Indonesia

Melihat animo jumlah pendaftar sekolah kedinasan 2023 yang menurun, tentu ini menjadi peluang bagi para pendaftar untuk lolos seleksi sekolah kedinasan. Di tahun depan, jumlahn peserta seleksi sekolah kedinasan bisa jadi meningkat. Ada pun harus mulai bersiap ya.

Untuk mengikuti pendaftaran sekolah kedinasan, ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Pilih Bidang Sesuai Minat dan Bakat

Memilih bidang sesuai minat dan bakat akan menentukan keberhasilan karir di masa yang akan datang. 

2. Pahami Sekolah Kedinasan yang Akan Dilamar

Cari informasi tentang sekolah yang akan dilamar, baik dari kurikulum, fasilitas, dan reputasi dari sekolah kedinasan tersebut. Pelamar dapat mencari informasi tersebut melalui internet maupun berkonsultasi dengan teman/alumni dari sekolah kedinasan tersebut.

3. Pahami Syarat dan Ketentuan Sekolah Kedinasan yang Dilamar

Beberapa sekolah kedinasan mensyaratkan tinggi badan, kemampuan fisik (kesamaptaan) dan juga nilai tertentu di bidang akademis. Pahami syarat tersebut dengan membaca ketentuan bagi masing-masing sekolah kedinasan sehingga pelamar tidak gagal pada seleksi awal.

4. Pastikan Konsultasi dengan Orang Terdekat

Melakukan konsultasi rencana pendaftaran sekolah kedinasan 2023 dengan orang tua ataupun guru agar pelamar memperoleh pandangan berbeda dan memastikan keputusan yang diambil tepat untuk masa depan.

5. Pertimbangkan Lokasi dan Akomodasi

Dalam memilih sekolah kedinasan pertimbangkan juga lokasi dan akomodasi. Hal ini menjadi pertimbangan karena nanti akan berpengaruh pada biaya hidup pada saat mengikuti sekolah kedinasan 2023. Sekolah kedinasan tersebut menyediakan asrama atau tidak juga bisa menjadi pertimbangan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang pendaftaran sekolah kedinasan 2023. Jika Anda berasal daerah dan akan mengikuti seleksi sekolah kedinasan 2023, tidak ada salahnya cari tiket pesawat terlebih dahulu. Jika Anda akan mengikuti seleksi sekolah kedinasan di Bandung, tidak ada salahnya sekalian berlibur ke Lembang Park Zoo dan Dusun Bambu Bandung, serta menginap di Hilton Bandung. ari