Sistem Informasi Kepegawaian Nasional (SIMPEGNAS) hadir sebagai bentuk transformasi digital dalam menjembatani beragamnya sistem informasi kepegawaian yang dikelola oleh masing-masing Instansi. SIMPEGAS juga merupakan upaya percepatan peningkatan kualitas data ASN yang diharapkan dapat  mewujudkan Data ASN yang akurat, terkini, terpadu dan berkualitas baik dalam rangka menciptakan satu data ASN sebagai amanat Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Untuk mendukung kesiapan transformasi layanan manajemen kepegawaian tersebut, Badan Kepegawaian Negara melalui Kedeputian Sistem Informasi Kepegawaian menggelar sosialisasi dan diseminasi Aplikasi Simpegnas untuk Wilayah Kerja Kantor Regional XII BKN Pekanbaru, di The Premiere Hotel Pekanbaru, pada Kamis (15/09/2022).

Sekretaris Utama BKN Imas Sukmariah melalui sambutannya menjelaskan bahwa manfaat dari implementasi SIMPEGNAS selain terciptanya satu data ASN  yang terintegrasi adalah demi mendukung perumusan kebijakan dan rekomendasi pengambilan keputusan berbasis data yang lebih baik. “Dengan data yang up to date dan saling terintegrasi diharapkan dapat mempercepat pelaksanaan sistem merit dan talent management di instansi pemerintah” tambahnya.

Pada kegiatan yang sama, Kepala Kantor Regional XII BKN Anna Hasnah Hasaruddin menyampaikan harapannya kepada seluruh instansi pengelola kepegawaian di wilayah kerja kanreg XII BKN Pekanbaru untuk turut juga dalam mendukung usaha pembangunan sistem kinerja Nasional yang terintegrasi demi pengelolaan kinerja ASN sesuai amanat Permenpan RB Nomor 6 Tahun 2022. “Sosialisasi SIMPEGNAS  dan Sistem Kinerja Nasional kita taja untuk pengelolaan data yang akurat dan terintegrasi.” Imbuhnya.

Kegiatan sosialisasi juga diisi dengan arahan dari Wakil Ketua Komisi II DPR RI Syamsurizal, serta dilanjutkan dengan diskusi panel dengan narasumber Direktur Kinerja ASN Achmad Slamet Hidayat, Direktur Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi ASN Jumiati, Direktur Infrastruktur Teknologi Informasi Heni Sri Wahyuni dan perwakilan Direktur Pengelolaan Data dan Penyajian Informasi Kepegawaian. ev