Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyelenggarakan Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah Tahun 2021 di Jakarta, Selasa (08/03). Pada giat yang diselenggarakan secara hybrid tersebut Kantor Regional XII BKN mendapatkan penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Pubik Kategori Sangat Baik lingkup Kementerian/ Lembaga Tahun 2021.

Pada tahun 2021 ini terdapat 84 Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPP) setingkat Kementerian/ Lembaga, 34 UPP tingkat Provinsi dan 514 UPP Tingkat Kabupaten Kota.

Setiap tahun kita mengevaluasi seluruh kementerian/lembaga yang mudah-mudahan insyaallah pada akhir 2024 nanti 514 kabupaten/kota, 34 provinsi, dan kementerian/lembaga termasuk di dalamnya ada TNI dan Polri, ada pengadilan dan sebagainya, akan bisa membuat inovasi-inovasi dan mempercepat program pelayanan masyarakat itu dengan cepat,” ujar Menteri PANRB Tjahyo Kumolo saat memberikan sambutan pada “Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik di Lingkup Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah Tahun 2021” tersebut.

Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPANRB, Diah Natalisa menyampaikan hal-hal yang perlu diperbaiki oleh UPP dari hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh KemenPANRB, diantaranya adalah

  1. Penguatan kapasitas unit penyelenggara pelayanan dalam integrasi data antar layanan
  2. Pendekatan not business as usual untuk membangun budaya Bangga Melayani Bangsa
  3. Pembenahan arsitektur pelayanan publik yang lebih inklusif; dan
  4. Prioritas riset modern dan pembangunan sistem yang adaptif

Joko widodo, Presiden RI dalam video sambutannya menekankan bahwa Pelayanan publik adalah wajah konkrit kehadiran negara dalam kehidupan bermasayarakat sehari-hari. Negara disebutkan hadir jika mampu menyelenggarakan pelayanan publik yang prima, cepat profesional dan berkeadilan. Mewujudkan pelayanan publik yang prima memerlukan ikhtiar yang berkelanjutan. Memerlukan tata kelola, memerlukan perubahan mindset dan budaya kerja birokrasi kita dari budaya senang dilayani menjadi budaya melayani.

Pelaksanaan evaluasi kinerja penyelenggara pelayanan publik sendiri dilakukan dalam rentan bulan Agustus-November 2021 dengan melakukan pengamatan langsung dan daring dengan desk evaluation. Sementara aspek yang dinilai yaitu kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan serta inovasi. Berdasarkan hasil evaluasi indeks pelayanan publik kementerian dan lembaga mendapat nilai 4,00 atau kategori B (Baik). Sementara indeks pelayanan publik pemerintah daerah secara keseluruhan meraih nilai 3,58 yang juga kategori B (Baik).

Kantor Regional XII BKN sendiri dalam memeberikan pelayanan memiliki budaya kerja I IMPROVE (Integritas, Inovatif, Melayani, PROfesional Visioner dan Efektif) yang terinternalisasi kepada para pegawai, diterapkan dan menjadi budaya dalam memberikan pelayanan. ws

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *