Pekanbaru, Kantor Regional XII BKN menyelenggarakan kegiatan Rapat koordinasi kepegawaian penguatan kolaborasi dalam pembinaan manajemen ASN di wilayah kerjanya pada Rabu (16/3). Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana, dan turut dihadiri oleh Ketua KASN Agus Pramusinto, Kepala Kanreg XII BKN Anna Hasnah Hasaruddin, Direktur Kompensasi ASN BKN Neny Rochyany serta beberapa pejabat daerah diantaranya Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir, Sekda Kabupaten Rokan Hulu dan Sekda Kota Solok.

Dalam sambutannya Kepala BKN Bima Haria Wibisana menjelaskan bahwa penerapan sistem merit sesuai amanat UU Nomor 5 Tahun 2014 sejalan dengan penerapan UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Dimana dengan penerapan sistem merit akan mendapatkan the right person for the right place, dengan hal tersebut diharapkan dapat memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada Masyarakat. Dimana ASN merupakan kunci dari pelaksanaan pelayanan publik.

Lebih lanjut Bima menyampaikan bahwa perlu adanya kolaborasi yang baik antar Instansi sehingga manajemen ASN dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tujuan dari penerapan Reformasi Birokrasi diharapkan agar Instansi yang menjadi pilot project dapat berinovasi dalam mengembangkan platform digital serta berkolaborasi dengan BKN sehingga pekerjaan dan pelayanan dapat bersifat digital untuk mewujudkan pemerintahan yang baik.

Dalam kegiatan yang sama, Ketua KASN Agus Pramusinto menyampaikan bahwa ASN diharapkan dapat mengikuti perubahan tata kerja yang semakin menuju pada kondisi reformasi birokrasi. “Dengan adanya sistem merit sebagai indikator pembangunan Nasional, kita membentuk manusia unggul yang dapat memiliki daya saing Internasional” jelasnya.

Kepala Kantor Regional XII BKN Anna Hasnah Hasaruddin menyampaikan bahwa Kanreg XII BKN akan kembali melanjutkan program piloting guna memperkuat penerapan tata kelola   manajemen ASN berbasis sistem merit, terdapat sembilan Instansi yang akan menjadi pilot project diantaranya Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Solok Selatan, Kota Solok, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Bintan.

“Harapannya dengan adanya program piloting ini dapat terus mendorong Tata kelola manajemen ASN berbasis sistem merit di wilayah kerja Kantor Regional XII BKN menjadi lebih baik” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen penguatan tata kelola manajemen ASN berbasis merit antara Instansi Daerah yang menjadi pilot project dengan Kantor Regional XII BKN. sns

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *