Pekanbaru (01/06/2021), Seluruh pegawai kantor regional XII BKN pekanbaru, UPT BKN Padang, dan UPT BKN Batam mengikuti upacara hari lahir pancasila hari ini, Selasa (1/6). Kegiatan yang diselenggarakan oleh BPIP ini diikuti secara daring dari kediaman masing-masing melalui kanal youtube resmi BPIP dan saluran resmi lainnya. Presiden Joko Widodo selaku Inspektur upacara hadir secara daring dari Istana Kepresidenan Bogor dengan mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu.

Dalam amanat upacara yang disampaikannya, Presiden joko widodo mengingatkan bahwa Peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni, harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa, dan dalam bernegara. Ia juga menghimbau untuk mewaspadai peningkatan rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antara nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi. Jokowi juga mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang  dicita-citakan.

Selamat memperingati hari lahir Pancasila. Selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

~ Joko Widodo