Pekanbaru- Badan Karantina Indonesia (Barantin) untuk pertama kalinya melaksanakan pemetaan atau penilaian kompetensi dan potensi bagi PNS dilingkungannya dengan menggunakan metode Computer Assisted Competency Test (CACT)-BKN. Kantor Regional XII BKN Pekanbaru menjadi salah satu titik lokasi pelaksanaan CACT yang diselenggarakan serentak di 32 Kantor BKN dengan jadwal pelaksanaan dimulai dari tanggal 1 hingga 5 Juli 2024.

Mewakili kepala Kantor Regional XII BKN Anna Hasnah Hasaruddin, Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian (PDSK) Wisudo Putro Nugroho membuka kegiatan di Ruang CAT pada Senin (01/07). Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Badan Karantina Indonesia, Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Riau (BKHIT Riau) Bapak Almen M. Simarmata, S.P., M.Si yang turut menjadi salah satu peserta kegiatan.

CACT merupakan uji kompetensi berbantu komputer yang bertujuan untuk menilai sejauh mana kemampuan dan pengetahuan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam berbagai bidang tugas atau pekerjaan tertentu. Dengan menerapkan teknologi dan metode evaluasi yang modern, CACT menjadi sarana yang efektif bagi BKN untuk mengidentifikasi dan mengembangkan potensi serta kualifikasi pegawai ASN. CACT berfungsi sebagai upaya akan implementasi pembangunan Manajemen Talenta ASN dan merupakan bentuk perwujudan sistem merit bagi Kementrian/Lembaga Non Kementeriaan dan instansi daerah penyangga IKN.

Pemetaan potensi dan kompetensi di wilayah kerja Kantor Regional XII BKN digelar di tiga titik pelaksanaan yaitu Kantor Regional XII BKN Pekanbaru Senin dan Rabu (1 dan 3/7/2024) diikuti oleh 107 peserta, UPT BKN Padang Senin-Selasa (1-2/7/2024) diikuti oleh 81 peserta, dan UPT BKN Batam Rabu-Kamis (3-4/7/2024) diikuti oleh 113 peserta.

(Fidela/Mai/Nurafiza)

No comment

Leave a Reply