Mataram, mengusung tema “Transformasi Pembinaan dan Layanan Kepegawaian Menuju Era Work From Anywhere”, Kantor Regional XII BKN gelar Rapat Koordinasi Kepegawaian Sewilayah kerjanya pada Kamis (16/6/2022). Diselenggarakan di Kota Mataram, Rakor tersebut diikuti oleh Instansi Pengelola Kepegawaian se-wilayah kerja Kantor Regional XII BKN serta perwakilan PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Pekanbaru, Tanjung Pinang dan Padang.

Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana pada saat membuka kegiatan Rakor Kepegawaian tersebut menjelaskan bahwa pandemi covid-19 yang melanda dunia telah membawa perubahan terhadap pola kerja ASN. Dengan penerapan work from home (WFH) dan pemanfaatan teknologi informasi, target pelayanan publik dapat tercapai. “Kedepan tuntutan untuk tetap menerapkan digitalisasi dalam pelayanan publik akan terus ada dan harus dikembangkan lagi” jelasnya.

Bima juga menyampaikan terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum Instansi Pemerinah menerapkan pola kerja WFA. Diantaranya dengan menetapkan kinerja yang akan dicapai, mengkaji persiapan sarana dan prasarana serta merubah proses bisnis yang lama dengan terus melakukan digitalisasi.

Pada kegiatan yang sama, Kepala Kantor Regional XII BKN Anna Hasnah Hasaruddin menyampaikan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk menyamakan persepsi dan melihat kesiapan birokrasi dalam melaksanakan pola kerja Work From Anywhere secara profesional, dengan tetap mengedepankan kompetensi, keahlian dan keterampilan.

Dalam rangkaian acara Rakor ini juga akan diserahkan hasil pemetaan/penilaian kompetensi dalam rangka penyusunan database Talent Pool yang diselenggarkan pada Agustus 2021 lalu kepada 11 Instansi. Diantaranya Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Kepulauan Riau, Kota Pekanbaru, Kota Kota Bukitinggi, Kota Solok, Kab. Dharmasraya, Kab. Pasaman, Kab. Kep. Meranti, Kab. Indragiri Hilir, Kab. Karimun, dan Kab. Kep. Anambas.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Regional X BKN Paulus Dwi Laksono, Kepala Pusat Penilaian Kompetensi BKN Wakiran, Kepala Biro Umum BKN Nanang Subandi serta Sekretaris Daerah Provinsi NTB Lalu Gita Ariadi. sns