Pekanbaru- (Kamis,04/07) Kantor Regional XII Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengadakan Simulasi Computer Asissted Test (CAT) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi peserta Sekolah Kedinasan sebagai bentuk persiapan dan pengenalan sistem seleksi yang akan dipergunakan pada saat pelaksanaan ujian yang dijadwalkan akan dimulai pada bulan Juli 2024. Simulasi CAT SKD Sekolah Kedinasan akan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu Kamis dan Jumat (4-5/2024) serta dibagi menjadi 2 sesi; sesi 1 dimulai pada pukul 09.00 WIB dan sesi 2 dimulai pada pukul 10.30 WIB.

Peserta yang mengikuti simulasi CAT SKD Sekolah Kedinasan di Kantor Regional XII BKN pada hari Kamis sesi 1 diikuti oleh 37 orang dan pada sesi 2 diikuti oleh 66 orang. Simulasi berdurasi 45 menit dengan jumlah 50 soal ini terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Selama kegiatan simulasi, para peserta diberikan arahan dalam mengerjakan soal dengan menggunakan metode CAT. Tak hanya itu, peserta juga mendapatkan pengalaman langsung dalam mengikuti alur seleksi yang ditetapkan oleh BKN, seperti proses registrasi peserta, penitipan barang, pemberian pin peserta, hingga proses masuk ke dalam ruangan. Peserta terlihat antusias mengikuti simulasi ini, yang diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta dalam menghadapi ujian yang sesungguhnya.

CAT merupakan sistem seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan lulusan yang memenuhi standar minimal kompetensi. Sistem CAT ini didesain semudah mungkin, sehingga peserta seleksi dipastikan dapat mengoperasikannya. Peserta cukup  mengklik dengan mouse untuk memilih jawaban yang benar.

Simulasi CAT SKD Sekolah Kedinasan ini juga dilakukan di UPT BKN Padang yang telah diselenggarakan pada Rabu-Kamis (3-4/7/2024), dan UPT BKN Batam yang akan diselenggarakan pada Jumat dan Senin (5 dan 8/7/2024).

(Fidela/Mai/Nurafiza)

No comment

Leave a Reply